04 Februari 2009

Tour IPMKU ke Sumbar

Ini dia nih acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para anggota IPMKU, jalan-jalan bareng, alias wisata alam ke Sumatera Barat (sumbar). Sudah hampir setahun IPMKU tidak pernah mengadakan kegiatan semenjak dilangsungkan acara Gema Ramadhan 1429 H, bulan september 2008 yang lalu. Dalam tour ini, selain mengunjungi beberapa objek wisata andalan seperti pantai Teluk Bayur di Padang, Goa Jepang, Ngarai Sianok dan kebun binatang di Kota "Jam gadang" BukitTinggi, tak lupa pula Danau Singkarak di Kab Tanah Datar, kebun teh di Solok, dan air terjun di Padang Panjang. Meski tak semua objek wisata dikunjungi, namun perjalanan selama tiga hari ini setidaknya dapat mengobati rasa penasaran temen-temen akan keindahan alam di Sumbar, maklum pemandangan serupa memang tak akan pernah dijumpai di kota kami, Pekanbaru.

Ada berbagai macam pengalaman menarik selama kami mengadakan tour ini, diantaranya adalah terdamparnya kami di pulau pisang (saya juga baru tahu nama pulau ini setelah sampai di Pekanbaru), sebuah pulau kecil tak berpenghuni di teluk bayur, yang sering di kunjungi warga sekitar untuk memancing ikan kerapu, sejenis ikan yang mirip ikan kakap. peristiwa itu terjadi ketika cuaca tiba-tiba berubah mendung dan akhirnya hujan selebat-lebatnya. lebatnya hujan dan kencangnya hembusan angin mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi sehingga kapal (perahu pompong) kami tak bisa kembali ke daratan. Padahal saat itu kami semua sudah kedinginan dan merasa tak nyaman dengan keadaan kami. Tapi kami berusaha mengurangi rasa panik dengan tetap bermain-main dengan ombak, itulah satu-satunya cara supaya tidak kedinginan. Untungnya, ada sebuah kapal "penyelamat" yang datang dan menawarkan bantuan. Akhirnya tanpa pikir panjang kami langsung menyerbu masuk ke dalam kapal dan kembali menyeberang ke daratan.Bagi saya pribadi moment tersebut adalah moment yang menyedihkan karena saya harus mengorbankan Handphone (Hp) saya satu-satunya. Hp saya masuk tercebur ke laut ketika bermain-main dengan ombak untuk menghilangkan rasa dingin. Hingga saya membuat postingan ini Hp saya masih sakaratul maut dan mendekam di bengkel Hp, entah berapa lama lagi Hp saya bisa sembuh dari sakitnya. Setidaknya sudah tiga kali Hp saya tercebur ke dalam air, kali pertama Hp saya pernah tercebur ke dalam bak mandi, kejadiannya tiga tahun yang lalu, kemudian tercebur ke sungai saat melakukan camping di Muara lembu, kab. kuansing, dan terakhir saat di pantai teluk bayur padang, kali ini justru air laut yang diminumnya. Selain pengalaman tersebut, ada juga hal lain yang menurut saya menarik untuk diceritakan yaitu ketika temen-temen ingin meminta ijin kepada para turis asing agar mau beroto bersama di komplek kebun binatang dan goa jepang. Mereka katakan bahwa dalam bahasa yang lugu sekali, yang apabila kita orang indonesia mendengarkannya, pasti akan tertawa geli. kurang lebih seperti ini "Mister, help me, i want to Jepret-jepret..!" sang turis yang sepertinya mengetahui maksud temen saya, saya mungkin melihat kamera yang dipegangnya, kontan mengatakan "O,, U want to take a photo?" .... "yes, yes!" kata temen-temen kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar