04 Februari 2009

Sekilas IPMKU

IPMKU atau Ikatan Pelajar Mahasiswa Kumbara Utama adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh anak-anak muda yang notabene adalah para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari desa Kumbara Utama. Salah satu nama desa di Kec. Kerinci Kanan, Kab. Siak. Sebenarnya wacana mengenai pembentukan organisasi ini sudah lama di kumandangkan. Adalah Sangidun, salah seorang mahasiswa asal kumbara utama yang juga masih sepupu saya, yang kini sedang menyelesaikan tugas akhirnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang pertama kali mengusulkan kepada saya agar mahasiswa kumbara utama membentuk suatu wadah atau organisasi sebagai sarana untuk menghimpun segenap potensi yang dimiliki oleh para pelajar dan mahasiswaselain itu juga untuk menunjukkan kepada publik (baca: masyarakat desa) bahwa desa kumbara utama memiliki generasi muda yang aktif yang siap memberikan warna dalam pembangunan desa, baik sebagai kontrol sosial, pribadi akademis dan seorang pemuda dengan segala semangat dan kreativitas yang diharapkan mampu menghangatkan dinginnya kehidupan desa. Saat itu, saya tidak begitu merespon usulan tersebut, saya bilang sama dia bahwa kita belum mampu mewujudkan keinginan tersebut karena jumlah mahasiswa asal kumbara utama baru beberepa orang saja. Namun, usulan yang sama akhirnya muncul lagi dan saat itu yang menyampaikan nya kepada saya adalah Rohman, Erik, dan Ilham. Mereka adalah anak-anak muda kumbara utama yang juga bersatus sebagai mahasiswa. Hubungan saya dengan ilham sendiri juga masih sepupu. Dari mereka akhirnya saya tahu bahwa selain mereka juga ada deretan nama lain yang bersatus mahasiswa. Setelah sedikit melakukan pendataan, saya dapatkan sekitar 20 nama anak-anak kumbara utama yang berstatus mahaiswa. Jumlah yang menurut saya dan teman-teman telah memenuhi syarat untuk membuat organisasi. kini, IpMKU telah memasuki usia yang ke-3. Semoga jaya selalu, sesuai dengan motto yang di usung "Pelajar cemerlang, Kumbara Utama gemilang, IPMKU terbilang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar